Pilihan Essential Oil untuk Mendukung Sistem Imun Tubuh

Home / Berita / Pilihan Essential Oil untuk Mendukung Sistem Imun Tubuh
Pilihan Essential Oil untuk Mendukung Sistem Imun Tubuh Ilustrasi - Pola hidup sehat (FOTO:

TIMESMAJALENGKA, JAKARTA – Selain makanan dan pola hidup sehat, minyak aromaterapi atau essential oil juga dapat mendukung sistem imun tubuh, khususnya saat stres atau jika Anda sering dikelilingi oleh orang yang kurang fit. Kebanyakan essential oil mengandung properti antiseptik yang baik untuk mencegah penyebaran bakteri, jamur, dan virus.

Ada beberapa essential oil yang dapat menstimulasi peredaran darah dan mendukung sistem imun. Apa saja?

1. Lemon essential oil

Kaya akan vitamin C, lemon essential oil dapat menstimulasi sistem imun, mencegah virus influenza, melindungi organ dalam, dan U.S. Department of Agriculture juga membuktikan bahwa lemon dapat melindungi makanan terhadap E.coli dan salmonella. Selain itu, wanginya yang menyegarkan dapat menghilangkan perasaan mual.

2. Cinnamon essential oil

Minyak kayu manis memiliki efek pada pelepasan insulin yang menjaga kestabilan gula darah, juga melawan pertumbuhan parasit berbahaya dalam tubuh. Ditambah lagi, cinnamon oil dapat melancarkan saluran pernapasan, merawat sakit leher, hingga menjaga kelancaran peredaran darah sehingga kesehatan jantung terjaga. 

3. Eucalyptus essential oil

Dikenal juga sebagai minyak kayu putih, manfaat eucalyptus yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk meredakan masalah pernapasan. Selain itu, potensi antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, dan dekongestan, eucalyptus oil dapat mengontrol kadar gula darah, mengusir serangga, menghilangkan nyeri persendian, hingga menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

4. Rosemary essential oil

Seringkali digunakan sebagai bahan masakan dan pengobatan tradisional, tumbuhan rosemary yang beraroma segar dan woody sangat berguna untuk orang yang memiliki masalah pernapasan seperti sinus.

Rosemary merupakan sumber nutrisi dengan kandungan vitamin A, C, B6, thiamin, folat, magnesium, kalsium, dan zat besi. Maka dari itu, rosemary digunakan sebagai stimulan kognitif untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah inflamasi, mengatasi masalah pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan seperti asam rosmarinic, caffeic, dan carnosol yang dapat membangun garis pertahanan sekunder dalam sistem imun tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com