Mahasiswa Polindra Indramayu Ciptakan IP Kos.com, Aplikasi Pencari Rumah Kos

Home / Pendidikan / Mahasiswa Polindra Indramayu Ciptakan IP Kos.com, Aplikasi Pencari Rumah Kos
Mahasiswa Polindra Indramayu Ciptakan IP Kos.com, Aplikasi Pencari Rumah Kos Mahasiswa Polindra berhasil menciptakan aplikasi untuk mencari rumah kos. (Foto: Dokumen Polindra for TIMES Indonesia)

TIMESMAJALENGKA, INDRAMAYU – Mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) menciptakan aplikasi yang memudahkan mahasiswa mencari rumah kos. Muhamad Abdan, mahasiswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bersama keempat temannya, membuat IP Kost.com sebagai solusi untuk membantu mahasiswa mencari tempat tinggal. "Ide ini berawal dari pengalaman bagaimana rasanya menjadi pendatang," ujar Abdan, Selasa (30/6/2020).

Abdan yang berstatus sebagai mahasiswa baru, dua tahun lalu, merasa kesulitan mencari tempat tinggal. Masalah tersebut kemudian ia jadikan sebagai peluang.

Pada 2018, ia pun berinisiatif mengembangkan aplikasi pencarian rumah kos. Bersama teman-temannya, ia terus mengembangkan dan memodifikasi untuk penyempurnaan. "Nantinya mahasiswa bisa mencari rumah kos yang terdekat dilengkapi harga sewa dan fasilitas di dalamnya," ujar Abdan.

Aplikasi-Pencari-RUmah-Kos.jpg

Meski dalam tahap penyempurnaan, IP Kos.com sudah teruji dan mendapat apresiasi. Salah satunya pernah meraih juara 1 dalam kejuaraan inovasi bisnis di Universitas Singa Perbangsa Karawang tahun 2019.

"Kebetulan temanya seputar start up bisnis. Kita coba ajuin dan dimodifikasi dengan inovasi di tambah lagi yang seperti fitur-fitur yang lebih mendukung dan Alhamdulillah kita juara," ujarnya

Rencananya, tidak lama lagi aplikasi berbasis android itu akan dilaunching dan dapat didownload di google playstore. "Awal Juli 2020 ini dilunching dan mahasiswa baru sudah bisa memanfaatkan aplikasi kita," ujarnya.

Andan menambahkan, aplikasi IP Kost.com selain menyediakan penawaran rumah kost, juga memiliki ragam fitur menarik. Antara lain mager print, yang memungkinkan mahasiswa mencetak tugas dan administrasi lainnya tanpa harus keluar rumah.

Ada pula Mager Makan yaitu jasa untuk order makanan, dan Mager Nyuci untuk jasa laundry. Dalam aplikasi juga terdapat IP poin untuk setiap transaksi. Pengguna akan mendapatkan poin yang dapat ditukan dengan voucher promo.

"Dan masih banyak fitur lainnya yang ke depan akan kita tambah di aplikasi ini," ujar Abdan.

Hebatnya, setiap fitur dalam aplikasi tersebut akan menggunakan jasa masyarakat lokal sebagai pembuktian Tri Darma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

"Kita bekerjasama dengan masyarakat lokal agar perekonomian mereka juga dapat terbantu," ujar mahasiswa Polindra ini. (adv)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com